LOVESTORY

LOVESTORY

Edukasi

Simak Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah Disini!

Meski terkesan sama, namun cincin tunangan dan cincin nikah ternyata mempunyai banyak perbedaan loh

Pernikahan adalah momen penting dalam hidup seseorang. Hal ini tentu saja membuat banyak orang merasa tertekan saat mempersiapkan segala hal untuk pernikahan mereka, termasuk memilih cincin yang tepat. Bertukar cincin untuk merayakan cinta telah menjadi tradisi selama berabad-abad. Saat ini, baik cincin pertunangan maupun cincin nikah telah sangat populer. Banyak brand hingga variasi untuk dipilih, tetapi makna di baliknya tetap sama. Cincin menjadi simbol pernikahan yang paling terlihat dan paling berarti bagi pasangan yang akan menikah. Ada dua jenis cincin yang biasanya digunakan dalam pernikahan, yaitu cincin tunangan dan cincin nikah. Meski seringkali digunakan bergantian, kedua jenis cincin ini sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah.

Makna Cincin Tunangan

Cincin tunangan adalah cincin yang diberikan oleh pria kepada wanita saat melamar untuk menjadi pasangannya. Cincin tunangan biasanya diberikan saat pasangan tersebut sudah memutuskan untuk bertunangan, yaitu mengikat diri satu sama lain dalam sebuah janji untuk menikah di masa depan. Secara ukuran cincin tunangan berukuran lebih besar dan lebih mencolok daripada cincin nikah. Makna cincin tunangan sangat penting bagi pasangan yang akan menikah, karena selain sebagai tanda keseriusan, juga sebagai simbol dari janji dan komitmen yang kuat untuk saling mencintai, menghormati, dan membangun kehidupan bersama dalam pernikahan. Selain itu, cincin tunangan juga melambangkan komitmen dan niat serius untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Dalam budaya Barat, cincin tunangan umumnya dikenakan di jari manis tangan kiri, sedangkan dalam beberapa budaya lain seperti di India, cincin tunangan dikenakan di jari tengah atau jari lainnya. Meskipun demikian, makna cincin tunangan tetap sama, yaitu sebagai simbol dari janji dan komitmen yang kuat antara dua insan yang saling mencintai.

Makna Cincin Nikah

Makna Cincin Nikah

Cincin nikah adalah simbol yang digunakan dalam upacara pernikahan untuk menunjukkan ikatan antara dua orang yang ingin bersama selamanya. Cincin nikah biasanya dipakai oleh pasangan saat upacara pernikahan dan dipakai setiap hari setelahnya sebagai tanda cinta, kesetiaan, dan komitmen mereka satu sama lain. Makna cincin nikah melambangkan komitmen dan kesetiaan antara dua pasangan yang telah resmi menjadi suami istri. Cincin nikah juga memiliki makna yang dalam, yaitu sebagai simbol persatuan dan kesatuan pasangan yang saling mencintai. Selain itu, cincin nikah juga mengandung makna kepercayaan dan penghormatan. Dengan memakai cincin nikah, pasangan saling berjanji untuk mempercayai satu sama lain dan menghormati pernikahan mereka. Makna cincin nikah juga merupakan lambang kesetiaan, yang berarti bahwa pasangan akan selalu setia satu sama lain selama hidup mereka.

Dalam banyak budaya, cincin nikah juga dianggap sebagai simbol kesatuan dan keterikatan keluarga. Makna cincin nikah yang diberikan kepada pasangan secara simbolis melambangkan persetujuan dari keluarga dan masyarakat terhadap pernikahan tersebut.

Berdasarkan maknanya, perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah terletak pada tujuan dari masing-masing momen yang melekat.

Perbedaan Antara Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

Orang Mesir percaya bahwa lingkaran melambangkan keabadian, sehingga konsep cinta yang abadi antara pasangan dilambangkan dalam sebuah cincin. Bangsa Romawi dan Yunani kuno memiliki tradisi serupa, tetapi cincin itu digunakan sebagai janji kesetiaan. Tapi, apa sebenarnya perbedaan di antara keduanya? Nah, cincin pertunangan mewakili janji pernikahan di masa depan dan harus dipakai sepanjang pertunangan kamu, sedangkan cincin kawin dipertukarkan pada hari pernikahan dan dikenakan oleh kedua pasangan untuk menunjukkan komitmen satu sama lain. Menariknya, ada beberapa poin penting yang dapat kamu perhatikan perbedaan dari kedua lambang cinta kasih ini. Berikut penjelasannya:

Momen Pemberian Cincin

Momen pemberian cincin tunangan adalah momen yang sangat spesial dan bersejarah dalam kehidupan pasangan yang akan menikah. Biasanya, momen ini terjadi ketika seorang pria memberikan cincin sebagai simbol cinta dan komitmen kepada pasangannya yang akan segera menjadi tunangannya. Sementara momen pemberian cincin nikah adalah momen yang sangat penting dan meriah dalam sebuah pernikahan. Biasanya momen ini terjadi selama acara pernikahan ketika pengantin akan saling memberikan cincin sebagai tanda kesetiaan dan komitmen satu sama lain. 

Momen pemberian cincin nikah adalah momen yang sangat berkesan bagi pasangan pengantin, karena momen ini menjadi simbol awal dari ikatan pernikahan yang sah dan komitmen saling mencintai dan setia satu sama lain dalam kehidupan yang akan datang. Dari aspek momen pemberian cincin, perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah terlihat dari fungsi dan tujuan akan momen yang dilangsungkan yaitu antara momen pertunangan dan momen pernikahan.

Ukuran dan desain

Ukuran dan desain cincin tunangan dapat bervariasi tergantung pada preferensi individu dan budaya. Ukuran cincin tunangan harus dipilih dengan hati-hati untuk memastikan bahwa cincin pas di jari calon pengantin wanita. Desain cincin tunangan dapat bervariasi dari yang sederhana hingga yang lebih rumit dengan berbagai hiasan seperti berlian, batu permata, atau motif yang rumit. Beberapa cincin tunangan memiliki pengaturan prongs atau bezel untuk mengamankan batu permata atau berlian, sementara yang lain mungkin memiliki grafir atau pola yang rumit. Secara khusus, desain dan ukuran cincin tunangan dipilih berdasarkan selera pribadi dan anggaran pasangan yang akan bertunangan.

Seperti halnya cincin tunangan, ukuran dan desain cincin nikah juga dapat bervariasi tergantung pada preferensi individu dan budaya. Desain cincin nikah dapat bervariasi dari yang sederhana hingga yang lebih rumit dengan berbagai hiasan seperti berlian, batu permata, atau motif yang rumit. Namun, desain cincin nikah biasanya lebih sederhana dan lebih klasik dibandingkan dengan desain cincin tunangan. Beberapa budaya atau agama juga memiliki desain cincin nikah yang khas. Misalnya, cincin nikah Hindu biasanya terbuat dari emas dan dihiasi dengan motif tradisional seperti peacock atau lotus. Cincin nikah Muslim biasanya tidak memiliki hiasan yang berlebihan dan terbuat dari logam seperti perak atau platinum. Pada akhirnya, desain dan ukuran cincin nikah dipilih berdasarkan selera pribadi, budaya, dan anggaran pasangan yang akan menikah

Harga

Secara umum, harga cincin tunangan biasanya lebih terjangkau dibandingkan harga cincin nikah. Hal ini dikarenakan tujuan dari penggunaan cincin tunangan yang bersifat mengikat komitmen pasangan untuk menuju jenjang pernikahan. Jika dilihat dari variasi bahan yang biasa digunakan, cincin tunangan dapat terbuat dari bahan logam mulia seperti emas putih, emas kuning, atau platinum, dapat dimulai dari beberapa juta rupiah hingga puluhan juta rupiah tergantung pada kualitas bahan tersebut. Sementara itu, harga cincin tunangan yang terbuat dari bahan yang lebih murah seperti perak atau stainless steel dapat dimulai dari ratusan ribu rupiah.

Selain bahan, harga cincin tunangan juga dapat dipengaruhi oleh ukuran cincin, desain, serta kualitas batu permata yang digunakan sebagai hiasan di cincin tersebut

Harga Cincin Lovary

Sementara untuk harga cincin nikah, secara khusus cincin nikah mempunyai value yang lebih tinggi daripada cincin tunangan. Oleh karena itu, pasangan calon mempelai biasanya akan mengeluarkan budget untuk cincin nikah yang lebih besar daripada cincin tunangan. Jika menilik pada variasi bahan yang digunakan, tidak ada perbedaan untuk hal ini. Sama seperti cincin tunangan, hanya saja untuk menambah value cincin, kamu dapat memberikan hiasan batu permata seperti berlian atau batu mulia lainnya. Tentu saja, hal ini akan membuat harga cincin semakin mahal tergantung pada kualitas, ukuran, dan kelangkaan batu tersebut. Sehingga dari aspek harga, perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah dapat dilatarbelakangi dari preferensi individu, budaya, dan material yang digunakan.

Kesimpulan

Cincin tunangan dan cincin nikah memiliki perbedaan yang signifikan mulai dari momen pemberian cincin, ukuran dan desain, hingga harga cincin. Meskipun cincin tunangan dan cincin nikah memiliki perbedaan, keduanya sama-sama memiliki makna yang penting dalam pernikahan, yaitu sebagai simbol komitmen, kesetiaan, dan persatuan antara dua pasangan yang saling mencintai. Pemilihan cincin yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa simbol pernikahan ini dapat diwakili dengan sempurna dan dapat diingat selamanya.

Jika kamu saat ini tengah mengalami kebingungan dalam menentukan cincin tunangan atau cincin nikah, tak usah galau. Kami di lovary siap membantu kamu dalam memilih cincin tunangan atau cincin nikah yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja biaya yang akan kamu keluarkan. Klik banner di bawah untuk dapat terhubung dengan Customer Service kami. Konsultasi saja gratis kok, tidak ada biaya yang akan kamu keluarkan.