PART 1 UMUM
1. LANDASAN AKAD
Lovary mengambil pendapat Majelis Ulama Indonesia bahwa Emas & Perak saat ini bukan merupakan Nuqud (Alat tukar), melainkan komoditas, pendapat ini diputuskan dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional nomor 77/DSN-MUI/IV/2010 tentang Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai.
Download lampiran : Fatwa 77/DSN-MUI/IV/2010
2. GARANSI UKUR JARI
Lovary memberikan fasilitas Garansi Resize. Konsumen wajib mengikuti tutorial ukur jari yang telah kami sediakan. Konsumen menanggung resiko perubahan warna, motif, bentuk, dan perubahan berat hasil akhir akibat resize. Namun kami infokan, jika kekecilan perlu tambahan biaya untuk bahan saat ukuran dibesarkan, dan jika kebesaran ada kemungkinan beratnya turun serta sisa bahan logam tidak dapat diuangkan atau diganti dalam bentuk apapun. Adapun yang termasuk garansi free adalah proses resize cincin tersebut.
3. GARANSI PERMATA
Lovary menggunakan standar Quality Control yang tinggi dalam menjaga kekuatan permata, namun jika dikemudian hari permata lepas, Lovary memberikan layanan Garansi Pemasangan Ulang Permata namun tidak termasuk batu Diamond, Swarovski dan atau batu permata berbayar lainnya. Konsumen menanggung resiko perubahan warna, motif, bentuk, dan perubahan berat hasil akhir akibat repair.
4. GARANSI POLISH
Lapisan luar logam lama kelamaan akan berkurang kilaunya, hal ini disebabkan oleh pemakaian, seperti namun tidak terbatas goresan benda keras yang terus menerus, penggunaan bahan kimia, dan lain-lain, Lovary memberikan layanan Garansi Polish Ulang. Konsumen menanggung resiko perubahan warna, motif, bentuk, dan perubahan berat hasil akhir akibat repair.
5. MASA GARANSI
Seluruh garansi hanya dapat digunakan satu kali, yang artinya jika Konsumen melakukan klaim Garansi Polish, garansi lain akan hangus, terkecuali Konsumen melakukan klaim seluruh garansi secara bersamaan, maka gunakanlah secara bijaksana. Garansi juga dibatasi oleh waktu, maksimal 3 bulan untuk logam Perak, dan 6 bulan untuk logam Emas, Paladium & Platinum.
6. HALAL BAGI PRIA MUSLIM
Dikarenakan adanya larangan bagi Pria Muslim untuk menggunakan Logam Emas atau yang mengandung Emas, maka bagi Pria Muslim dipersilahkan menggunakan Logam Paladium, Platinum atau Perak dengan lapisan Putih.
7. PEMBELIAN KEMBALI
Kami berharap Lovary dapat menjadi media Konsumen dalam mengabadikan cinta bersama pasangannya, sehingga Lovary berharap dapat membersamai selama-lamanya. Lovary tidak memberikan fasilitas jual kembali/tukar-tambah/ganti model/semisal, akan tetapi kami akan memberikan Nota dan Sertifikat untuk keperluan Konsumen jika ingin menggadai atau menjual kembali di toko lain yang menerima pembelian logam mulia. Kami menyarankan untuk memilih bahan Emas dengan kadar 750 (75%) karena lebih mudah diterima dipasaran.
8. ISI PAKET
Konsumen akan mendapat dokumen:
Certificate of Autheticity
Adalah kartu sertifikat hasil pengujian kadar menggunakan mesin uji kadar dengan metode X-Ray
Nota Pembelian
Tips Perawatan
Kartu Garansi
Serta konsumen juga akan mendapatkan Exclusive Box, serta Pouch untuk mengamankan cincin dan bisa juga untuk membersihkan permukaan cincin.
9. KEMURNIAN LOGAM
Lovary memberikan jaminan keaslian dan kemurnian seluruh logam dengan ketentuan margin of error sebesar 5% menggunakan alat uji kadar PT. Lovary Corpora Indonesia, dengan spesifikasi alat sebagai berikut :
Brand Gold Analyzer
Model XRA2000
Method X-Ray
S/N 1A20Z798832
Manufacturer Nanjing Tungsten Technology Co. Ltd.
Kadar adalah tingkat kemurnian logam yang dihitung dengan nominal 1-100%, sedangkan karat adalah tingkat kemurnian logam yang dihitung dengan nominal 1-24 karat.
Kode 250 = Kadar 25,0% = 6 Karat
Kode 375 = Kadar 37,5% = 9 Karat
Kode 500 = Kadar 50,0% = 12 Karat
Kode 585 = Kadar 58,5% = 14 Karat
Kode 750 = Kadar 75,0% = 18 Karat
10. KEBIJAKAN RETUR
Lovary akan mengirimkan foto produk sebelum produk dikirimkan, produk yang kami kirimkan telah melalui serangkaian proses Quality Control yang ketat dan telah dinyatakan layak, konsumen diharapkan untuk mengisi data pesanan dengan teliti dan memberikan data yang akurat, masa waktu perbaikan adalah 21-30 hari.
Adapun perbaikan akibat ukuran yang tidak sesuai (resize), atau perbaikan produk yang diakibatkan penggunaan (dengan biaya ditanggung Konsumen), dapat kami layani dengan mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut :
Mendokumentasikan (foto) keluhan atas produk
Bungkus produk dengan box lengkap seperti yang pernah kami kirimkan (direkomendasikan)
Dokumentasikan (foto) isi box/produk, dan sertifikat
Kirimkan paket ke alamat PT. Lovary Corpora Indonesia, Jl. Veteran No. 106, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. 08999540222
Gunakanlah fasilitas asuransi (jaminan keamanan paket) dari ekspedisi
Simpanlah dengan baik resi pengiriman
Isi formulir pengembalian produk www.lovary.co.id/retur
Ongkos kirim ditanggung pemesan
11. REVISI PEMESANAN
Desain, logam, ukuran, warna, dst tidak dapat diganti atau dibatalkan setelah Lovarist melakukan pembayaran, sehingga harap pertimbangkan dengan sebaik-baiknya apakah pemesanan akan Lovarist lanjutkan atau tidak.
PART 2 PESANAN DESAIN KATALOG (www.lovary.co.id)
1. KESESUAIAN DESAIN
Kami memberikan beberapa gambar pada halaman produk, terdapat gambar dengan berbagai macam sudut pandang agar Konsumen dapat melihat produk secara detail. Lovary juga akan mengirimkan Gambar Kerja (Blueprint) sebelum produksi, produk akan dicetak menggunakan mesin 3D Printer (printer tiga dimensi) dengan ketelitian maksimal, sehingga perhiasan yang dihasilkan akan menyerupai dengan desain yang kami tampilkan. Konsumen tidak dapat melakukan perubahan desain, ataupun perubahan bentuk perhiasan baik setelah diterima maupun sebelum diterima.
2. MASA PRODUKSI
Lovary berupaya untuk memberikan layanan yang cepat, jika ditempat lain bisa memakan waktu berbulan-bulan, kami memberikan layanan waktu yang lebih cepat, yaitu 14 hari kalender. Untuk pemesanan urgent model katalog akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp200.000/cincin dan hanya tersedia untuk bahan perak dan emas.
PART 3 PESANAN DESAIN KUSTOM (www.lovary.co.id/order-custom)
1. GAMBAR KERJA (BLUE PRINT)
- Gambar kerja atau blueprint adalah gambar 3D yang akan dijadikan acuan bersama antara Konsumen dan Lovary dalam proses produksi perhiasan yang dipesan di Lovary.
- Konsumen dapat melakukan request desain kustom dengan mengirimkan referensi, ukuran, dan berat yang diinginkan melalui form yang telah disediakan.
- Lovary akan mendesain gambar kerja dengan menggunakan desain tiga dimensi (3D).
- Gambar kerja akan dibuat setelah konsumen melakukan pembayaran.
- Waktu pembuatan blueprint hingga revisinya, tidak termasuk waktu estimasi produksi. Karena, produksi dilakukan setelah blueprint dikonfirmasi konsumen.
- Desain 3D akan dibuat dengan menyelaraskan antara referensi, ukuran, dan berat yang konsumen pesan.
- Apabila konsumen menilai belum selaras, terdapat garansi revisi 1x. Lebih dari itu akan dikenakan charge Rp50.000 per pcs desain revisi. Perubahan desain mayor (ganti desain) akan dikenakan charge Rp150.000 per pcs.
- Perhiasan akan diproduksi menyerupai dengan blueprint yang telah disepakati, dengan teknologi 3D Manufacturing untuk logam mulia emas dan perak, dan proses Handmade untuk logam mulia paladium dan platinum. 3D Manufacturing untuk logam mulia paladium dan platinum masih dalam tahapan R&D.
- Perhiasan yang telah selesai di produksi tidak dapat dirubah bentuk. Revisi hanya dapat dilakukan pada tahap proses pembuatan blueprint.
2. DESAIN KHUSUS
Konsumen dapat memesan desain-desain yang rumit, estimasi berat dan estimasi waktu produksi akan berbeda dari desain normal. Costumer Service kami akan memberitahukan detailnya kepada kamu ketika kamu memesan desain-desain khusus.
3. MASA PRODUKSI
Waktu produksi normal adalah 21-28 hari kalender diluar proses gambar kerja dan revisi (jika ada), namun bilamana Konsumen memiliki jadwal yang mendesak mohon beritahu kami sebelum melakukan pemesanan, akan ada tambahan biaya sebesar Rp200.000/cincin. Namun bilamana setelah masa produksi dimulai, lalu terjadi perubahan jadwal maka tambahan biaya akan menjadi sebesar Rp500.000/cincin. Pesanan mendesak hanya dapat dilakukan bilamana memungkinkan.
4. BIAYA DESAIN
Desain akan diklasifikasikan menjadi 5 grade, penghitungan grade berdasar skor desain, tingkat skor dihitung berdasarkan kerumitan desain, masing-masing grade terdapat biayanya, yang melakukan penghitungan skor adalah Customer Sales Lovary, berikut rinciannya:
Grade E | Desain pernah dibuat dan sama persis secara size dan volume | Biaya desain Rp0,- per pcs
Grade D | Skor 1-6 point | Biaya desain Rp0,- per pcs
Grade C | Skor 7-12 point | Biaya desain Rp36.000,- per pcs
Grade B | Skor 13-18 point | Biaya desain Rp72.000,- per pcs
Grade A | Skor 19-35 point | Biaya desain Rp174.000,- per pcs
Grade Khusus | Skor >35 Point | Biaya desain Rp6.000/point dikurangi Rp36.000,- per pcs